Jasa Welding dan las merupakan hal yang sama, perbedaannya hanya welding (bahasa inggris) dan las (bahasa indonesia). Dalam dunia industri, proses pengelasan atau welding ini tidaklah menjadi hal asing lagi. Pengelasan atau welding merupakan suatu proses menyambung logam secara permanen dengan memanaskan logam tersebut sampai mencapai titik leleh, dengan atau tanpa pemakaian tekanan, dan dengan atau tanpa penggunaan bahan pengisi.

Sederhananya, untuk menyambung 2 logam yang berbahan keras diperlukan pemanasan logam hingga titik lelehnya, kemudian logam tersebut ditempelkan dan dibiarkan mengeras dengan sendirinya.

Pengelasan GMAW

Gas Metal Arc Welding atau biasa disingkat GMAW merupakan salah satu jenis proses las atau welding (jasa welding). Gas Metal Arc Welding merupakan proses penyambungan atau penyatuan bahan logam dengan menggunakan sumber panas dari energi listrik yang dirubah atau dikonversi menjadi energi panas.

Secara sederhananya proses Gas Metal Arc Welding ini menggunakan bahan tambahan berupa kawat gulungan dan gas pelindung dengan melalui proses pencairan. Sedangkan kuat arus yang digunakan pada proses las GMAW berkisar antara 60 – 500 Ampere.

Proses las GMAW ini menggunakan kawat las jasa welding yang digulung dalam suatu roll dan menggunakan gas sebagai pelindung logam las yang mencair saat proses pengelasan berlangsung. Proses ini terjadi sebagai akibat dari perpindahan ion katoda dan anoda pada base metal dan logam pengisi sehingga menyebabkan timbulnya energi panas yang menyebabkan logam induk dan filler metal mencair.

GMAW dikenal juga dengan istilah las Metal Inert Gas (MIG), dan las Metal Active Gas (MAG).

Metal Inert Gas (MIG)

Gas inert itu terdiri dari gas jenis helium dan argon. Pengelasan GMAW menggunakan gas helium dan argon ini biasanya dilakukan untuk pengelasan berbahan non logam seperti aluminium, stainless steel dan juga baja tahan karat. Pengelasan menggunakan gas helium dan argon ini menghasilkan hasil las dengan sifat mekanik yang baik dan memiliki penetrasi lebih dalam dibandingkan dengan las MAG (dengan CO2)

Metal Active Gas (MAG)

Gas pelindung yang digunakan ialah dari CO2, gas jenis ini digunakan dalam kegiatan pengelasan berbahan logam seperti besi dan baja berkarbon rendah. Gas pelindung CO2 tidak dapat digunakan pada metode metal transfer jenis spray dan harus dilakukan pencampuran saat penggunaannya dengan gas helium ataupun argon.

Jenis Metal Transfer Pada Jasa Welding GMAW

Pada saat pengelasan terjadi proses perpindahan logam, pada GMAW ada beberapa mode pemindahan logam. Mode pemindahan logam pada jasa welding tersebut dipengaruhi kuat arus, tegangan, dan gas pelindung yang digunakan. Mode-mode tersebut antara lain:

  1. Short Circuiting (Dip Transfer)
    Terjadi hubungan pendek secara periodik saat ujung cair kawat kawat elektroda turun menyentuh benda kerja dan kemudian memadamkan busur beberapa saat. Hubungan pendek terjadi sebanyak 20-200 kali setiap detik. Arus yang digunakan dibawah dari 200 A, kawat elektroda yang digunakan 24 V. Biasanya pemindahan logam jenis ini digunakan untuk pengelasan logam tipis.
  2. Globular Transfer
    Pola globular terbentuk dari logam cari kawat elektroda bergerak melintasi busur dalam bentuk tetesan besar. Digunakan pada proses pengelasan MAG sehingga menggunakan gas pelindung CO2, arus listrik yang digunakan dibawah arus transisi.
  3. Spray Transfer
    Merupakan semburan tetesan logam cair yang sangat halus dengan suhu yang sangat tinggi serta pengendapan logam yang cepat. Dapat digunakan pada material yang sangat tebal dan menggunakan gas pelindung argon atau acampuran argon oksigen.
  4. Pulsed Transfer
    Hampir sama dengan spray transfer namun tetesan logam cairnya dengan frekuensi 50-300 pulse per detiknya. Pemindahan logam proses ini digunakan pada root atau akar las.

Peralatan Jasa Welding GMAW

Berikut ini peralatan utama yang digunakan jasa welding saat proses Gas Metal Arc Welding berlangsung:

power supply - Jasa Welding – Mengetahui Proses Las GMAW

Power Source

Power source merupakan suatu unit mesin yang dirancang khusus agar dapat menghasilkan arus listrik untuk digunakan pada proses pencairan logam las.

Beberapa power source beroperasi pada tegangan listrik input 200 V, 230 Volt, 460 Volt, dan 575 Volt dan frekuensi 50 atau 60 Hz. Mesin yang lebih sering digunakan pada industri pengelasan biasanya berjenis voltase konstan.

wire feeder - Jasa Welding – Mengetahui Proses Las GMAW

Wire Feeder

Biasa disebut unit pengumpan kawat yang merupakan perangkat proses GMAW yang digunakan untuk menggerakkan kawat atau elektroda las sehingga dapat mengalir terus menuju welding gun.

Ada beberapa jenis wire feeder yang sering digunakan pada pengelasan (jasa welding) yakni Pull-Type wire Feed system, Push-Pull Type wire Feed system, dan Spool Gun Type.

Ketiga hal tersebut merupakan jenis dan bentuk roll yang harus digunakan agar diperoleh kawat dengan pergerakan yang baik dan benar.

welding gun - Jasa Welding – Mengetahui Proses Las GMAW

Welding Gun

Biasa disebut juga torch ataupun gun spool ini merupakan alat dari proses GMAW yang berfungsi untuk memindahkan arus pengelasan kepada elektroda. Welding gun ini juga terkoneksi dengan nozzle untuk mensuplay gas pelindung yang akan diarahkan pada sekitar busur dan kubangan las.

Welding gun juga perlu dilakukan pendinginan untuk mencegah alat tersebut kelebihan panas lalu overload. Pendinginan dapat dilakukan dengan media yang bersumber dari udara maupun dari sirkulasi air.

gas - Jasa Welding – Mengetahui Proses Las GMAW

Unit Penyedia Gas Pelindung

Unit penyedia gas pelindung terdiri atas Gas Cylinders, Cylinder Valve, Pressure Regulator.

Gas cylinders atau dapat disebut tabung gas merupakan sebuah tabung yang disiapkan untuk menampung substansi gas pelindung dalam kondisi bertekanan, nantinya gas pelindung tersebut akan digunakan saat proses pengelasan.

Cylinder valve atau dapat disebut katub tabung merupakan sebuah alat yang bisa digunakan sebagai pengatur keluarnya gas dari tabung.

Pressure regulator atau dapat disebut katub penurun tekanan merupakan sebuah katub yang terpasang pada bagian saluran keluar gas cylinder yang bertujuan untuk mengatur tekanan gas yang keluar sehingga sesuai dengan tekanan yang dibutuhkan.

Selain dari alat-alat diatas, jasa welding proses GMAW juga menggunakan alat-alat bantu seperti:

  • Palu Las
    Dapat disebut juga sebagai palu welding merupakan alat bantu las yang digunakan untuk membersihkan hasil pengelasan dengan cara mengetuk atau memukulkannya pada daerah las supaya las terlihat lebih rapi.
  • Penjepit Las
    Dapat disebut juga sebagai weld pliers merupakan alat bantu las yang digunakan untuk menjepit benda logam yang menjadi panas akibat pengerjaan.
  • Sikat Baja
    Sikat baja merupakan alat bantu las yang digunakan untuk membersihkan kotoran seperti karat, lapisan oksida, dan kerak yang dihasilkan oleh proses pengelasan.
  • Tang Pemotong Kawat
    Tang ini berfungsi untuk memotong ujung kawat las yang ada di mulut pembakar.

Keuntungan Menggunakan Jasa Welding GMAW

  • Konsentrasi busur yang digunakan jasa welding Delta Teknika sangat tinggi, maka dari itu busurnya sangat mantap dan percikannya sedikit sehingga memudahkan pengelasan.
  • Jasa welding Delta Teknika menggunakan arus dan kecepatan las yang tinggi sehingga hasil pengelasan jauh lebih baik dari segi efisiensi.
  • Deposit yang terbentuk saat menggunakan jasa welding sangatlah banyak
  • Pengelasan tidak menghasilkan kerak atau kotoran sehingga mempermudah proses pembersihan.
  • Dapat digunakan untuk segala jenis material dan posisi pengelasan.

Jasa welding atau yang lebih akrab di masyarakat sebagai jasa las adalah jasa untuk menyambungkan dua logam menjadi satu dengan menggunakan metode pengelasan atau menyatukan dua logam. Silakan simak artikel kami selengkapnya mengenai jasa welding ini.

Jasa Welding – Delta Teknika Cikarang

Jika Anda mencari jasa welding atau jasa las, yang terbaik dan harga murah di Bekasi, Cikarang dan Jakarta – tentu ada bisa menghubungi kami, Delta Teknika Cikarang. Kami akan menyambungkan logam anda dengan sangat rapi. Kami menyediakan jasa welding steel dan alumunium untuk Anda.

Selain jasa welding, silakan cek juga jasa kami yang lain yaitu Jasa sandblastingJasa Cutting dan jasa bubut.