Jasa Welding Delta Teknika Cikarang

Di dalam dunia industri, proses pengelasan atau welding bukan lah menjadi kegiatan yang asing lagi. Menyambungkan material dengan bahan yang keras dan dengan bentuk yang rumit kini bukan lagi menjadi masalah besar karena adanya teknologi penyambungan. Di mana teknologi tersebut telah membantu pekerjaan manusia menjadi lebih cepat dan mudah dalam upaya menyambungkan material. Biasanya bahan-bahan yang membutuhkan untuk disambungkan tersebut seperti bahan baja dan aluminium yang secara umum sering dijumpai. Dengan menggunakan metode pengelasan ini mampu untuk menghasilkan sambungan yang berkualitas baik serta bisa untuk melakukan penyambungan pada bahan logam dengan segala macam bentuk.

Jika diartikan secara tekniknya, pengelasan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyambungkan logam yang dilalui dengan tahapan mencairkan logam sebelum logam tersebut membeku dan membentuk sambungan yang sempurna. Proses pengelasan ini pun banyak dilakukan pada beberapa bahan, seperti besi, tembaga, titanium, aluminium, baja, baja tahan karat, dan masih banyak lagi. Di dalam proses pengelasan ini sangat dibutuhkan fase pembakaran dengan suhu yang sangat tinggi untuk bisa melelehkan logam yang akan disambungkan.

Ada beberapa jenis pengelasan yang secara umum sering digunakan.

  1. Las Listrik

jasa welding steel alumunium cikarangUntuk melakukan las listrik ini, panas yang didapatkan untuk melakukan proses melelehkan diperoleh dari perbedaan tegangan, yakni diantara ujung  tangkai las dengan benda atau material yang akan diaplikasikan pengelasan (jasa welding). Jika elektroda las memiliki posisi yang dekat dengan benda atau material yang akan mendapatkan las, hal tersebut akan memunculkan percikan api yang menyerupai kembang api. Percikan tersebut berasal dari arus listrik. Dalam proses las listrik itu lah, tetesan elektroda dari lempengan logam dengan diameter yang berbeda-beda tersebut akan berjatuhan dan berkumpul dalam bentuk cairan logam. Dalam las listrik ini diperlukan adanya ampere las yang perlu diatur sesuai dengan diameter elektrodanya, sehingga bisa mendapatkan hasil pengelasan yang maksimal. Berikut adalah tabel pengaturan ampere las dalam las listrik.

Diameter Elektroda (mm) Arus Las (Ampere)
1,5 20 – 40
2,0 30 – 60
2,6 40 – 80
3,2 70 -120
4,0 120 -170
5,0 140 – 230
  1. Las Karbit

Bagi Anda tentu tidak asing lagi jika mendengar istilah las karbit. Namun, apa sebenarnya las karbit tersebut? Las jenis ini merupakan sebuah proses menyambungkan logam dengan logam dengan menggunakan gas karbit. Gas karbit ini sendiri adalah C2H2 atau asetilin yang berfungsi sebagai bahan bakar. Di dalam prosesnya akan membawakan bahan bakar yang telah dilakukan pembakaran dengan menggunakan O2. Untuk kemudian bisa memunculkan api dengan suhu tertentu yang bisa untuk mencairkan logam induk dan juga logam pengisi.

  1. Las Sinar Elektron

Proses pengelasan (jasa welding) juga bisa menggunakan sinar elektron yang berfungsi untuk memanaskan logam hingga logam tersebut mencair atau melebur. Material yang akan di las nantinya akan diberikan elektron yang bermuatan negatif dari batang logam untuk bisa disambung. Dan kemudian akan menuju pada muatan positif dari bahan las dengan menggunakan sinar elektron. Pengelasan jenis ini biasanya digunakan untuk pembuatan mesin jet pada pesawat terbang dan juga digunakan untuk industri nuklir.

  1. Las Gesekan

Dalam kegiatan pengelasan (jasa welding) dengan jenis gesekan ini turut melibatkan adanya gesekan pada kedua bagian logam yang akan disambungkan dengan arah berputar dan menggunakan kecepatan yang tinggi. Panas yang dihasilkan dari gesekan tersebut akan bisa melelehkan logam. Dan untuk menyambungkannya, maka diperlukan adanya tekanan. Saat logam meleleh itu lah, akan terjadi penurunan pada koefisien gesekan dan tingkatan panas pun akan berhenti. Penggunaan las jenis gesekan ini digunakan untuk menyambungkan bahan-bahan yang terasa sulit untuk dilas jika menggunakan proses yang biasa.Misalnya seperti menyambungkan baja dengan tembaga atau tembaga dengan aluminium. Dan biasanya penerapan dari las gesekan ini adalah untuk menyambungkan as, kolom kemudi, dan komponen bak persneling pada mobil.

  1. Las Laser

Untuk melakukan pengelasan laser ini turut menggunakan sinar laser. Di mana sinar laser ini bisa mengumpulkan energi di dalam satu titik. Pengelasan jenis ini biasanya digunakan untuk mengelas peralatan yang memiliki kesensitifan pada panas, seperti pada alat pacu jantung.

Kelebihan Menyambungkan Dengan Menggunakan Metode Las

Banyaknya yang menggunakan metode las ini untuk menyambungkan logam karena beberapa kelebihan yang bisa didapatkan. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Lebih Kokoh

Proses menyambungkan dengan menggunakan metode las akan didapatkan sambungan yang sangat kokoh. Di mana terjadi pertemuan baja pada sambungan yang kemudian dapat mencair bersama elektroda las dan menjadi satu untuk menghasilkan sambungan yang kokoh.

  1. Bobot Sambungan Yang Ringan

Jika menggunakan metode las (jasa welding) ini, maka berat sambungan yang dihasilkan hanya berkisar pada 1 hingga 1,5% dari berat konstruksinya. Sedangkan jika menggunakan paku keling atau baut bisa berkisar antara 2,5 hingga 4% dari berat konstruksinya.

  1. Proses Yang Cepat

Tidak menggunakan waktu yang banyak di dalam melakukan pengelasan ini. Hal ini dikarenakan dalam prosesnya tidak diperlukan adanya proses pelubangan yang biasanya terjadi jika akan memasang baut serta tidak perlu juga untuk melakukan pemasangan pada potongan baja siku. Dengan begitu proses penyelesaian dari penyelesaian ini sangat lah cepat.

  1. Hasil Yang Rapi

Setelah dilakukan pengelasan, maka hasil dari penyambungan tersebut terlihat rapi karena tidak banyak diberikan perlakuan pada logam yang saling dihubungkan tersebut.

Waspada Pada Bahaya Pengelasan

Pekerjaan mengelas bukanlah pekerjaan yang sederhana, di mana jika tidak berhati-hati dan melakukan kecerobohan, maka dampaknya akan sangat membahayakan untuk pekerja itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang patut diwaspadai ketika melangsungkan proses pengelasan.

  1. Terjadinya Ledakan Dan Kebakaran

Hal berbahaya yang bisa terjadi di dalam pengelasan adalah terjadinya ledakan dan kebakaran. Sehingga penting sekali untuk bagi pekerja untuk mematuhi setiap aturan guna mencegah hal berbahaya tersebut terjadi. Di mana tempat pengelasan harus diupayakan dalam kondisi yang rapi, bersih, dan terbebas dari bahan yang mudah menyebabkan kebakaran. Pekerja sangat penting untuk memakai alat pelindung diri dengan baik dan benar agar terhindar dari luka bakar.

  1. Penyimpanan Botol Gas

Dalam kegiatan pengelasan (jasa welding) tentunya akan digunakan bahan bakar gas yang jika tidak berhati-hati dapat menyebabkan kebakaran. Terutama penyimpanan setelah selesai menyelesaikan pekerjaan. Pastikan bahwa botol-botol tersebut tersimpan dengan aman dan terhindar dari adanya benturan yang bisa membuatnya pecah. Tempatkan botol-botol tersebut yang jauh dari sinar matahari, sumber panas lainnya, hujan, dan dari adanya kebocoran arus listrik.

  1. Sengatan Arus Listrik

Sengatan arus listrik ini bisa saja mengenai pekerja yang sedang melakukan pengelasan. Di mana hal tersebut bisa disebabkan karena pelindung diri yang digunakan pekerja seperti sarung tangan dalam kondisi yang basah atau lantai yang basah sehingga bisa memunculkan sengatan arus listrik. Selain itu, cek lah selalu kondisi kabel di tempat kerja untuk memastikan dalam kondisi yang tidak rusak.

Dengan demikian, penggunaan las (jasa welding) ini merupakan metode yang bisa Anda pilih untuk menyambungkan logam dengan proses yang lebih cepat dengan hasil yang baik.

Jasa welding atau yang lebih akrab di masyarakat sebagai jasa las adalah jasa untuk menyambungkan dua logam menjadi satu dengan memnggunakan metode pengelasan atau menyatukan dua loga. Silakan simak artikel kami selengkapnya mengenai jasa welding ini.

Jika Anda mencari jasa welding atau jasa las, yang terbaik dan harga murah di Bekasi, Cikarang dan Jakarta – tentu ada bisa menghubungi kami, Delta Teknika Cikarang. Kami akan menyambungkan logam anda dengan sangat rapi. Kami menyediakan jasa welding steel dan alumunium untuk Anda.

Selain jasa welding, silakan cek juga jasa kami yang lain yaitu Jasa sandblasting, Jasa Cutting dan jasa bubut.