Kalau disuruh untuk memilih teknik mana yang lebih baik, kamu lebih memilih plasma cutting atau laser cutting? kalau kamu masih bingung memilih plasma cutting atau laser cutting, kamu perlu baca artikel dibawah ini.

Baca Juga Jasa Plasma Cutting – Memotong Logam Dengan Presisi Tinggi
Jasa Plasma Cutting
Jasa Plasma Cutting

Plasma Cutting

Plasma cutting pada dasarnya ialah memotong menggunakan listrik untuk meningkatkan suhu udara hingga mencapai titik plasma (panas diatas ribuan celcius) yang kemudian diarahkan ke logam yang akan dipotong. Plasma cutting juga sangat sederhana karena hanya membutuhkan pasokan udara yang dipadatkan serta aliran listrik AC untuk beroperasi.

Plasma cutting dapat diterapkan pada bahan-bahan logam seperti besi, tembaga, titanium, aluminium, baja, baja tahan karat, dan masih banyak lagi lainnya. Hanya professional yang harus mengoperasikan mesin plasma cutting ataupun plasma cutter karena memerlukan fase pemanasan dengan suhu yang sangat tinggi (diatas ribuan derajat celcius), hal tersebut bisa melelehkan manusia.

jasa cutting plasma cnc
Plasma Cutting

Metode plasma cutting bekerja dengan cara membakar gas yang keluar dari nozzle dan pemotongan atau cutting terjadi karena pergesekan listrik dengan benda logam – hal inilah yang menciptakan plasma.

Tidak ada batasan jenis logam yang dapat dipotong oleh teknik plasma cutting ini, karena plasma dapat dimanfaatkan pada berbagai jenis logam. Hal ini menjadikan plasma cutting menjadi saat berguna saat dihadapkan pada kebutuhan industri pemotongan logam.

Kelebihan Plasma Cutting:

  1. Memiliki ketepatan atau akurasi pemotongan yang sangat baik karena menggunakan suhu yang sangat tinggi hingga titik plasma yang pemotongannya akan tetap stabil dalam keadaan apapun.
  2. Hasil potongan akan selalu rapi, tepat, sesuai karena memiliki akurasi pemotongan yang sangat tinggi.
  3. Energi yang dibutuhkan dalam proses pemotongan tidak banyak bahkan cenderung sedikit karena proses pemotongan berjalan dengan cepat. Selain daripada itu kualitas engraving yang dihasilkan sangatlah bagus dan belum ada yang menandingi.
  4. Pemotongan dengan mesin plasma CNC jenis ini memiliki kemampuan untuk memotong bahan logam yang cukup tebal karena mesin ini sekarang sudah menghasilkan panas yang sangat tinggi hingga ribuan derajat celcius. Maka dengan begitu akan mempermudah pekerjaan client dan sudah tentu hasilnya juga maksimal.
  5. Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh mesin pemotong ini adalah mampu memotong motif yang cukup sulit dan rumit, mesin plasma CNC memiliki tingkat akurasi yang tinggi anda tidak perlu khawatir karena logam akan terpotong sesuai dengan pola yang telah dibuat dan diinginkan oleh anda. Selain itu, hasilnya akan tetap rapi dan minim terjadinya kesalahan dalam pemotongan.
  6. Bahan-bahan yang bisa dipotong dengan menggunakan mesin pemotong plasma ini bukan hanya bahan logam yang keras saja melainkan bisa juga kayu, stainless steel, bahan akrilik, cork, multipleks dan lain sebagainya. Bahan-bahan yang sifatnya lunak seperti kertas, kulit, silicon dan karet juga bisa dipotong menggunakan plasma cutter ini.
  7. Selain untuk memotong bahan-bahan di atas, mesin ini juga bisa digunakan untuk pembuatan dari barang-barang eksterior dan interior pada rumah seperti misalnya furniture, pakaian, peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi. Jadi alat ini sangat multifungsi karena bisa digunakan untuk berbagai macam jenis bahan.
plasma cutting atau laser cutting
Laser Cutting

Laser Cutting

Sedangkan Laser cutting adalah Laser cutting adalah proses pemotongan material dengan cara memanfaatkan laser yang akan menghasilkan potongan metal berkualitas tinggi, akurat secara dimensi.

Laser cutting bekerja dengan mengarahkan output laser daya tinggi melalui nozzle ke materi di area lokal. CNC (Computer Numerical Control) digunakan untuk mengarahkan sinar laser yang dihasilkan, sehingga sering juga disebut CNC Laser Cutting.

Laser komersial untuk pemotongan material menggunakan motion control system untuk mengikuti CNC atau G-code dari pola yang akan dipotong pada material. Sinar laser terfokus diarahkan pada material, kombinasi panas dan tekanan menciptakan aksi pemotongan. Materi akan meleleh, terbakar, menguap, atau tertiup angin gas, menghasilkan tepi dengan permukaan akhir berkualitas tinggi.

Ada tiga jenis utama laser yang digunakan dalam laser cutting. CO2 laser cocok untuk memotong, pemboran, dan engrave. Neodymium (Nd) dan neodymium yttrium-aluminium-garnet (Nd: YAG) laser identik dalam ragam dan hanya berbeda dalam aplikasi.

Nd digunakan untuk pemboran dan di mana energi tinggi tetapi pengulangan rendah diperlukan. Nd: YAG laser digunakan di mana daya sangat tinggi diperlukan dan untuk pemboran dan pengukiran. Keduanya CO2 dan Nd / Nd: YAG laser dapat digunakan untuk pengelasan / welding.

Kelebihan Laser Cutting:

  1. Proses non-kontak yang berarti bahwa mesin laser yang digunakan tidak menyentuh secara fisik terhadap material yang dikerjakannya, namun menyebabkan proses peleburan dan pemotongan melalui panas.
  2. Konsumsi daya rendah yang mana adalah keuntungan penting bagi industri. Hal ini dikarenakan dengan mesin laser cutting proses pemotongan menjadi lebih efektif dan efisien.
  3. Metode lebih aman karena proses pemotongan menggunakan sinar yang disegel kotak cahaya yang rapat.
  4. Dapat bekerja dengan bahan logam yang berbeda seperti logam, berlian, plastik, dan kayu.
  5. Presisi luar biasa
Baca Juga Jasa Plasma Cutting – Memotong Logam Dengan Presisi Tinggi
Plasma Cutting atau Laser Cutting
Plasma Cutting atau Laser Cutting

Plasma Cutting Atau Laser Cutting

Kalau disuruh menentukan salah satu diantara keduanya cukuplah sulit, karena baik plasma cutting atau laser cutting memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mana yang lebih baik diantara plasma cutting atau laser cutting tidak dapat ditentukan hanya dari perspektif sepihak.

Ada banyak yang harus dipertimbangkan untuk menentukan mana teknik atau metode terbaik, entah itu plasma cutting atau laser cutting. Baik plasma cutting atau laser cutting memiliki manfaat yang berbeda ketika memotong bahan.

Laser cutting cenderung lebih akurat dan lebih cepat daripada plasma cutting mereka, namun plasma cutting dapat memotong setiap jenis logam tunggal sedangkan laser cutting tidak bisa.

Plasma cutting adalah proses yang lebih berbahaya daripada pemotongan laser (oleh karena itu memerlukan pengguna professional), namun juga paling baik memotong bahan logam yang tebal. Laser lebih efektif jika permukaan logam Anda berada di sisi yang lebih tipis, dan juga jika Anda perlu memotong bahan lain seperti kayu.

Laser cutting juga menggunakan lebih sedikit energi daripada yang dibutuhkan pemotongan plasma, menjadikannya cara yang lebih ramah lingkungan untuk memotong bahan Anda.

Namun, laser cutting tidak akan mampu menangani logam di luar kisaran 25mm, sedangkan plasma cutting dapat memotong segala jenis logam dengan ketebalan hingga 80mm membuatnya lebih efisien ketika datang untuk memotong logam. Laser juga lebih mampu menghasilkan berbagai potongan yang berbeda, dan dapat digunakan untuk mencetak barang-barang dalam bentuk 3D maupun ukiran.

Namun baik pemotongan plasma dan laser memiliki tempat mereka sendiri dalam industri pemotongan, dijamin oleh beragam manfaat dari kedua praktik tersebut. Ini sangat tergantung pada apa yang Anda butuhkan, dan ketebalannya.

Hanya dengan begitu Anda dapat benar-benar menentukan apakah pemotongan laser atau plasma akan lebih efektif dalam memotong bahan Anda.

Segera hubungi kami di:

PT. Delta Teknika Cikarang
Kawasan Industri Lippo II. Delta Silicon II
Jl. Sungkai I Blok F25 no 35A-35B Cikarang.
Telp: 021 899-120-52
Email: sales@jasasandblasting.co.id